Pengertian Paragraf, Jenis-Jenis Paragraf, Ciri-Ciri Paragraf, Contoh Paragraf

Pengertian Paragraf, Jenis-Jenis Paragraf, Ciri-Ciri Paragraf, Contoh Paragraf - Menurut Tarigan (1995: 11) “Paragraf adalah seperangkat kalimat tersusun logis-sistematis yang merupakan satu kesatuan ekspresi pikiran yang relevan dan mendukung pikiran pokok yang tersirat dalam keseluruhan karangan.”
Menurut Nursisto (2000: 16) mengungkapkan, “Paragraf adalah satu kesatuan ekspresi yang terdiri atas seperangkat kalimat yang digunakan oleh seorang pengarang sebagai alat untuk menyatakan dan menyampaikan jalan pikirannya kepada para pembaca.”
Menurut Akhaidah (1991:144) menerangkan bahwa paragraf merupakan inti penuangan buah pikiran dalam sebuah karangan. Dalam paragraf terkandung satu unit buah pikiran yang didukung oleh semua kalimat dalam paragraf tersebut, mulai dari kalimat pengenal, kalimat utama atau kalimat topik, kalimat penjelas sampai pada kalimat penutup. Himpunan kalimat ini saling bertalian dalam suatu rangkaian untuk membentuk suatu gagasan. 

Hal tersebut sejalan dengan pendapat Suwarna (2012: 71) yang mengemukakan, “Paragraf adalah rangkaian kalimat yang diikat oleh satu kesatuan gagasan.”
Menurut Abidin (2011: 224) yang menerangkan, bahwa paragraf adalah kumpulan kalimat yang saling berhubungan dan mengangkat satu ide yang sama sehinggga mengandung satu informasi yang utuh, jelas dan bermakna. Berdasarkan pengertian ini paragraf bukan hanya sekedar kumpulan kalimat. Kumpulan kalimat tersebut harus saling berhubungan dan keterhubungannya harus dilandasi satu ide yang sama. Lebih lanjut, kumpulan kalimat tersebut harus mampu menyajikan satu informasi yang utuh, lengkap, dan bermakna atas ide utama yang diangkatnya tersebut.  

Jenis-jenis paragraf
1. Paragraf argumentasi
2. Paragraf eksposisi
3. Paragraf deskripsi
4. Paragraf persuasi
5. Paragraf naratif

Ciri-ciri Paragraf
Menurut Nursinto (2000: 15) ciri-ciri atau karakteristik paragraf adalah sebagai berikut.
1) Setiap paragraf mengandung makna, pesan, pikiran, atau ide pokok yang relevan dengan ide pokok keseluruhan karangan. Dalam satu paragraf hanya terdapat satu pokok pikiran.
2) Pada umumnya, paragraf dibangun oleh sejumlah kalimat.
3) Paragraf adalah satu kesatuan ekspresi pikiran.
4) Paragraf adalah kesatua yang koheren dan padu.
5) Kalimat-kalimat dalam paragraf tersusun secara logis dan sistematis.

Menurut Suwarna (2012:71)
Syarat paragraf yaitu: 1) kesatuan gagasan. Mempermasalahkan satu masalah pokok. Maksud dalam tulisan harus mengacu pada satu kesatuan pokok yang dibahas. Keterkaitan antar kalimat diikat oleh satu topik pembicaraan yang sama, bukan topik masalah yang berlainan. 2) kepaduan antar kalimat. Mengaitkan hubungan antar kalimat. Hubungan antarkalimat harus saling berkaitan, tidak ada satu kalimat pun yang hubungannya tidak logis. Cara mengaitkan hubungan antarkalimat dapat dilakukan dengan melihat hubungan antar subjek atau antar predikat.

Menurut Arifin dan Tasai (2009: 116) menyatakan bahwa paragraf yang baik harus memiliki ketentuan sebagai berikut.

Kesatuan paragraf
Kesatuan paragraf mempunyai arti bahwa dalam sebuah paragraf hanya terdapat satu pokok pikiran. Oleh sebab itu, kalimat-kalimat yang membentuk satu paragraf perlu ditata secara cermat agar tidak ada satu pun kalimat yang menyimpang dari ide pokok paragraf itu.

Kepaduan paragraf
Kepaduan dapat terlihat dari penyusunan kalimat secara logis atau melalui ungkapan-ungkapan (kata-kata) pengait antar kalimat. Urusan yang logis dalam paragraf ditandai dengan tidak adanya kalimat-kalimat yang sumbang atau ke luar dari permasalahan yang dibicarakan.

Menurut Abidin (2006: 161) mengatakan ciri-ciri paragraf adalah sebagai berikut.
1) Kalimat pertama bertakik ke dalam tujuh ketuk atau satu bab tik komputer.
2) Paragraf menggunakan pikiran utama (gagasan utama) yang diciptakan dalam kalimat topik.
3) Setiap paragraf menggunakan sebuah kalimat topik dan selebihnya merupakan kalimat pengembang yang fungsinya menjelaskan.
4) Paragraf menggunakan pikiran penjelas (gagasan penjelas) yang dinyatakan dalam kalimat penjelas.

Advertisement