Pengertian Kutipan, Jenis-Jenis Kutipan, Fungsi Kutipan

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Pengertian Kutipan, Jenis-Jenis Kutipan, Fungsi Kutipan - kutipan adalah gagasan, ide, pendapat yang diambil dari berbagai sumber. Proses pengambilan gagasan itu disebut mengutip. Gagasan itu bisa diambil dari kamus, ensik lopedi, artikel, laporan, buku, majalah, internet, dan lain sebagainy. Kutipan adalah pengokohan argumentasi dalam sebuah karangan. Seorang penulis tidak perlu membuang waktu untuk menyelidiki suatu hal yang sudah dibuktikan kebenarannya oleh penulis lain, penulis cukup mengutip karya orang lain tersebut. 

Dalam kamus Bahasa Indonesia kata kutipan bersala dari kata,  kutip, mengutip 1 memungut benda kecil kecil satu demi satu: ~ uang yang berjatuhan di tanah; 2 mengambil perkataan atau kalimat-kalimat dari buku dan sebagainya; memetik karangan dan sebagainya; menukil:  pasal pasal penting dari kitab undang-undang; 3 mengumpulkan dari berbagai sumber: derma. Kalau  kutipan n pungutan; petikan; nukilan;  pengutipan orang yang mengutip; pemungut dan pengutipan  cara atau perbuatan mengutip.


Kutipan dalam penulisan karya ilmiah atau lainnya dapat dibedakan menjadi dua macam, yakni kutipan langsung dan kutipan tak langsung.

1. Kutipan langsung
Kutipan langsung adalah pernyataan yang ditulis dalam susunan aslinya tanpa mendapatkan perubahan sedikitpun. Atau mengutip sesuai dengan sumber aslinya, artinya kalimat-kalimat tidak ada yang diubah. Bahan yang dikutip mesti direproduksi tepat seperti apa adanya sesuai sumber, tak terkecuali ejaan tanda-tanda baca, dan sebagainya.
kutipan langsung ini diperlukan dengan tujuan untuk mempertahankan keaslian pernyataan itu. Seseorang mungkin membuat pernyataan yang otentik, yang apabila ditulis ke dalam bentuk pernyataan yang lain, terkesan akan kehilangan keotentikannya.

Kutipan kurang dari 40 kata.
Kutipan yang kurang dari 40 kata, maka ditulis diantara tanda kutip (“…”) sebagai bagian yang terpadau dalam teks utama, dan diketik dengan jarak dua spasi. Contoh: Ibu Hernawati (1990: 123) menyimpulkan “ada hubungan yang erat antara guru dengan muridnya dalam kegiatan belajar mengajar.”

Kutipan 40 kata atau lebih
Apabila kutipan aslinya berisi minimal 40 kata, maka ditulis tanpa tanda kutip secara terpisah dari teks yang mendahuluinya, dan ditulis pada garis baru, sejajar dengan awal alinea baru, atau ditulis 1,2 cm dari garis tepi sebelah kiri dan kanan, dan diketik dengan jarak satu spasi (tunggal). Contoh:
Menurut Mariam Budiardjo (1992:4-5), dalam pemilu yang menggunakan system distrik:

Kutipan yang sebagian dihilangkan
Apabila dalam mengutip langsung ada kata-kata dalam kalimat yang dihilangkan, maka kata-kata yang dibuang, diganti dengan tiga titik. Contoh:
“Semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah … diharapkan sudah melaksanakan kurikulum baru.”

2. Kutipan Tidak Langsung
Kutipan tidak langsung merupakan pengungkapan kembali pendapat orang lain dengan kata-katanya atau dalam bahasa sendiri. Yang dikutip hanya pokok-pokok pikiran, atau ringkasan dan kesimpulan dalam sebuah tulisan, selanjutnya diungkapkan dengan bahasa penulis itu sendiri.
          
Kutipan tidak langsung ini paling sedikit dapat dibedakan menjadi dua jenis, atau dua cara dalam mengutipnya. Pertama, dengan melakukan ringkasan, membuat kesimpulan, atau merujuk pokok-pokok pikiran orang lain.Kedua, dengan melakukan paraphrase, yakni pengubahan struktur/susunan pada kalimat aslinya menjadi suatu kalimat yang lain tanpa mengubah makna atau subtansi kalimat/alinea aslinya. Di samping itu kutipan tidak langsung ini dibedakan menjadi kutipan tidak langsung panjang dan kutipan tidak langsung pendek.
1. Landasan teori
2. Penguat pendapat penulis
3. Penjelasan suatu uraian
4. Bahan bukti untuk menunjang pendapat itu.

Fungsi lain dari kutipan adalah
1. Menunjukkan kualitas ilmih yang lebih tinggi.
2. Menunjukkan kecermatan yang lebih akurat.
3. Memudahkan penilaian penggunaan sumber dana.
4. Memudahkan pembedaan data pustaka dan ketergantungan tambahan.
5. Mencegah pengulangan penulisan data pustaka.
6. Meningkatkan estetika penulisan.
7.Memudahkan peninjauan kembali penggunaan referensi, dan memudahkan penyuntingan naskah yang terkait dengan data pustaka.


Update Promo Handphone 2016
> Promo iPhone 6s Plus 40% > Harga Promosi Tablet Advan
> Discont Oppo Smartphone Terbaru > Harga Sony Xperia Murah Bulan ini
> Promo Gila, BlackBerry 50% > Harga Discont Nokia Lumia
> Update Promo Samsung Galaxy 2016 > Info Harga Xiomi Smarphone 2016
> Cek Harga Promo Evercos 2016 > Harga Honda HRV 2016
Advertisement