Pengertian Media Pembelajaran, Jenis-jenis Media Pembelajaran, Fungsi Media Pembelajaran

Advertisement
Pengertian Media Pembelajaran, Jenis-jenis Media Pembelajaran, Fungsi Media Pembelajaran - Menurut Azhar (1996:3), media adalah alat-alat grafis, photografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual atau verbal. Hamijdjojo (dalam Kustandi dan Bambang 2011:9), memberi batasan media sebagai semua bentuk perantara yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan atau menyebar ide, gagasan, atau pendapat sehingga ide, gagasan atau pendapat yang dikemukakan itu sampai kepada penerima yang dituju.

Gagne dan Briggs (dalam Sadiman 2009:7), menekankan pentingnya media sebagai alat untuk merangsang proses belajar-mengajar. AECT (dalam Kustandi dan Bambang 2011:8), menyatakan media adalah segala bentuk yang dipergunakan untuk proses penyaluran informasi. Menurut Sanjaya (dalam Hamdani 2011:243), media pembelajaran meliputi perangkat keras yang dapat mengantarkan pesan dan pengantar lunak yang mengandung pesan.

Menurut Donald P.Ely & Vernon S.Gerlach (dalam Hamdani 2011:243),
pengertian media ada dua bagian,yaitu arti sempit dan arti luas.
a.  Arti sempit,bahwa media itu berwujud:grafik, foto, alat mekanik dan elektronik yang digunakan untuk menangkap,memproses serta menyampaikan informasi.
b. Menurut arti luas, yaitu kegiatan yang dapat menciptakan suatu kondisi, sehingga memungkinkan peserta didik dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap yang baru.

Ciri-Ciri Media Pembelajaran
Azhar (1996:12), mengemukakan bahwa ada tiga ciri media yang merupakan petunjuk penggunaan media, yaitu.
1) Ciri Fiksatif, ciri ini menggambarkan kemampuan media dalam merekam, menyimpan, melestarikan, dan merekonstruksi suatu peristiwa atau objek.
2) Ciri Manipulasi, media harus mampu memanipulasi atau mengubah suatuobjek.
3) Ciri Distribuif, ciri distributif dari media menggunakan suatu objek atau kejadian ditransformasikan melalui ruang, dan secara bersamaan, kejadian tersebut disajikan kepada sejumlah besar siswa, stimulus pengalaman yang relatif sama mengenai kejadian itu.

Fungsi Media
Menurut Hamalik (dalam Azhar 1996:15), media memiliki beberapa fungsi diantaranya, Media dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Pada tahap orientasi media pembelajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pelajaran pada saat itu. Selain itu media pembelajaran juga dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman, menyajikan data dengan menarik dan terpercaya, memudahkan penafsiran data, dan memadatkan informasi.

Sedangkan menurut Levie & Lentz (dalam Kustandi dan Bambang 2011:21), mengemukakan empat fungsi media pembelajaran, khususunya media visual, yaitu (a) fungsi atensi, (b) fungsi afektif, (c) fungsi kognitif, dan (d) fungsi kompensatoris. Fungsi atensi media visual, yaitu menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaitan dengan
makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran. Fungsi afektif
media visual dapat terlihat dari tingkat kenikmatan siswa ketika belajar (atau membaca) teks tyang bergambar. Fungsi kognitif media visual terlihat dari temuan-temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang visual atau gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar. Fungsi kompensatoris media pembelajaran terlihat dari hasil penelitian bahwa media visual yang
memberikan konteks untuk memahami teks membantu siswa yang lemah dalam membaca untuk mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali.

Jenis Media
Dalam bukunya yang berjudul Strategi Belajar Mengajar, Hamdani (2011:244), membagi beberapa jenis media, antara lain.
1) Media Audio adalah media yang hanya dapat didengar atau yang memiliki unsur suara
2) Media Visual adalah media yang hanya dapat dilihat dan tidak mengandung unsur suara
3) Media Audio visual adalah media yang mengandung unsur suara dan juga memiliki unsur gambar yang dapat dilihat
4) Orang (people) adalah orang yang menyimpan informasi.
5) Bahan (materials) adalah suatu format yang digunakan untuk menyimpan pesan pembelajaran
6) Alat (device) adalah benda-benda yang berbentuk fisik yang sering disebut dengan perangkat keras, yang berfungsi untuk menyajikan bahan pembelajaran
7) Teknik (technic)adalah cara atau prosedur yang digunakan orang dalam memberikan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran
8) Latar (setting)adalah lingkungan yang berada di dalam sekolah maupun diluar sekolah, baik yang disengaja maupun tidak secara khusus disiapkan untuk pembelajaran