Pengertian Sosialisasi, Jenis-Jenis Sosialisasi, Fungsi Sosialisasi

Pengertian Sosialisasi, Jenis-Jenis Sosialisasi, Fungsi Sosialisasi - Secara garis besar pengertian sosialisasi dapat dipandang sebagai suatu proses belajar mengajar.Melalui sosialisasi,individu belajar menjadi anggota masyarakat,dimana prosesnya tidak semata mata mengajarkan pola-pola prilaku sosial kepada individu tetapi juga individu tersebut mengembangkan dirinya atau melakukan proses pendewasaan dirinya.

Menurut Charlotte Buchler
Sosialisasi adalah proses yang membantu individu-individu belajar dan menyesuaikan diri bagaimana cara hidup dan berpikir kelompoknya agar ia dapat berperan dan berfungsi dalam kelompoknya.

Sosialisasi Menurut Peter Burger
Sosialisasi merupakan sebuah proses seorang anak menjadi anggota yang berpartisipasi dalam masyarakat.

Sosialisasi Meurut Burce J. Cohen
Sosialisasi adalah proses-proses manusia mempelajari tata cara kehidupan dalam masyarakat (ways of life in society), untuk memperoleh kepribadian dan membangun kapasitasnya sehingga dapat berfungsi dengan baik sebagai individu maupun sebagai aggota suatu kelompok.

Sosialisasi Menurut Robert M.Z.Lawang
Sosialisasi adalah proses mempelajari norma,nilai,peran dan semua persyaratan lainnya yang diperlukan untuk memungkinkan partisipasi yang efektif dalam kehidupan sosial.

Sosialisasi Menurut Soerjono Soekamto
Sosialisasi adalah proses dimana anggota masyarakat yang baru mempelajari norma-norma dan nilai-nilai masyarakat dimana ia menjadi anggota.

Berdasarkan pengertian sosialisasi diatas,dapat dikatakan bahwa sosilasasi merupakan proses dimana seseorang mempelajari pola-pola hidup masyarakat sesuai dengan nila-nilai,norma kebiasaan yang berlaku untuk berkembang sebagai anggota masyarakat dan sebagai individu.
Berdasarkan penertian sosialisasi atau batasan sosialisasi diatas dapat diambil beberapa poin penting yaitu:

Sosialisasi berjalan melalui proses belajar untuk memahami,menghayati,menyesuaikan, dan melaksanakan tindakan sosial yang sesuai dengan pola perilaku masyarakatnya (behavioral patterns of society).

Sosialisasi berjalan bertahap dan berkesinambungan (kontinu),mulai dari sejak individu dilahirkan hingga dia mati.

Sosialisasi berhubungan erat dengan enkulturasi atau proses pembudayaan,yaitu proses belajar dari seorang individu untuk belajar,menegenal,menghayati,dan menyesuaikan alam pikiran serta cara dia bersikap terhadap system adat,bahasa,seni,norma,agama dan seluruh peratauran dan pendirian yang ada dalam lingkungan kebudayaan masyarakat.


Menurut bruce j.cohen,sosialisasi memiliki beberapa tujuan yaitu:
Sosialisasi bertujuan agar tiap individu mendapatkan bekal ketrampilan yang kelak nantinya akan dia butuhkan untuk tetap hidup;

Sosialisasi bertujuan agar setiap individu dapat berkomunikasi yang tentu saja dengan efektif sehingga kemampuan membaca,menulis,dan berbicara dapat berkembang;

Sosialisasi bertujuan agar mengendalikan fungsi-fungsi organic melalui latiha-latihan mawas diri yang tepat

Sosialisasi bertujuan sehingga setiap individu dapat membiasakan dirinya dengan nilai-nilai dan kepercayaan pokok yang ada pada masyarakat.

Membentuk system perilaku melaui pengalaman yang dipengaruhi oleh watak pribadinya,yaitu bagaimana ia memberikan reaksi terhadap suatu pengalaman menuju proses pendewasaan.
Advertisement