Pengertian Teks Eksposisi, Struktur Teks Eksposisi, Jenis-Jenis Teks Eksposisi

Advertisement
Pengertian Teks Eksposisi, Struktur Teks Eksposisi, Contoh Teks Eksposisi, Jenis-Jenis Teks Eksposisi - Menurut Syafi’ie (via Hardiyanto, 2014: 70), eksposisi adalah wacana yang berusaha menerangkan atau menjelaskan pokok pikiran yang dapat memperluas pengetahuan pembaca karangan itu. Wacana ini bertujuan menyampaikan faka fakta secara teratur, logis dan saling bertautan dengan maksud untuk menjelaskan suatu ide, istilah, masalah, proses, dan unsur unsur sesuatu, hubungan sebab akibat, dan sebagai nya agar diketahui oleh orang lain.

Hal ini senada dengan Nasucha (2009: 50), bahwa paragraf eksposisi bertujuan memaparkan, menjelaskan, menyampaikan informasi, mengajarkan, dan menerangkan sesuatu tanpa disertai ajakan atau desakan agar pembaca menerima atau mengikutinya. Paragraf eksposisi biasanya digunakanu ntuk menyajikan pengetahuan atau ilmu, definisi, pengertian, langkah langkah suatu kegiatan, metode, cara dan proses terjadinya sesuatu.

Tujuan Teks Eksposisi
Menurut Alwasilah (2005: 11), eksposisi adalah tulisan yang tujuan utamanya mengklarifikasi, menjelaskan, mendidik, atau mengevaluasi sebuah Persoalan. Penulis berniat untuk memberi petunjuk kepada pembaca. Eksposisi mengandalkan pengembangan alinea seperti lewat pemberian contoh, proses, sebab akibat, klasifikasi, definisi, analisis, komparasi dan kontras. Dari beberapa pendapat tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa eksposisi adalah salah satu bentuk tulisan yang berisi pemaparan tentang suatu hal secara jelas dengan memperhatikan unsur unsur dan keterkaitan antara satu sama laintanpa disertai desakan agar pembaca menerima atau mengikutinya

Struktur Teks Eksposisi
Struktur Teks Eksposisi Terbagi 3 yaitu:
Tesis (Pembukaan)
Argumentasi (Isi)
Penegasan Ulang (Penegasan ulang)

Adapun jenis teks eksposisi terbagi 6 yaitu:
Eksposisi definisi
Eksposisi Proses
Eksposisi Klasifikasi
Eksposisi Ilustrasi
Ekskposisi Perbandingan
Eksposisi Laporan

Ciri-Ciri Teks Eksposisi
Sedangkan untuk mengetahui ciri-ciri yang membedakan teks eksposisi dengan yang lainnya yaitu:
Menjelaskan informasi-informasi pengetahuan
Gaya informasi yang mengajak
Penyampaian secara lugas dan menggunakan bahasa yang baku
Tidak memihak artinya tidak memaksakan kemauan penulis terhadap pembaca
Fakta dibakai sebagai alat kontribusi dan alat kontritasi