Krangka Menulis Teks Eksposisi, Tahapan Menulis Teks Eksposisi

Advertisement

Krangka Menulis Teks Eksposisi, Tahapan Menulis Teks Eksposisi - Eksposisi atau ekspositori juga bisa disebut paparan yaitu suatu paragraf yang menampilkan suatu objek yang peninjauannya tertuju pada satu unsur saja dengan cara penyampaiaan yang menggunakan perkembangan analisis kronologis atau keruangan (Arifin danTansai, 2002:129). Dengan demikian tujuan utama karangan eksposisi adalah untuk memberitahu, mengupas, menguraikan, atau menerangkan sesuatu. 

Adapaun langkah menyusun karangan eksposisi adalah menentukan topik atau tema, menetapkan tujuan, mengumpulkan datadari berbagai sumber, menyusun kerangka karangan sesuai dengan topik yang dipilih, dan menggembangkan kerangka menjadi karangan eksposisi. Pada karangan eksposisi penulis berniatuntuk memberikan informasi kepada pembaca, sehingga pada karangan eksposisi mengandalkanstrategi pengembangan alinea seperti melalui pemberian contoh, proses, sebab akibat, klasifikasi,definisi, analisis, komparasi dan kontras.

Agar dapat menulis karangan eksposisi dengan baik, penulis perlu memiliki metode ataustrategi dalam mengembengkan paragraf. Menurut Alwasilah dan Alwasilah (2007:112-113) adatujuh metode atau strategi yang dapat digunakan untuk mengembangkan paragraf eksposisiyaitu:1.

1.      Metode contoh Pengembangan paragraf menggunakan metode contoh adalah cara yang paling sederhanatapi efektif bagi penulis untuk menyampaikan gagasan kepada pembaca. Contoh bisa berupa kata, kalimat, atau alinea. Metode ini biasanya dimulai dengan ungkapan misalnya, sebagai contoh, sebut saja, dan sebagainya.2.
2.      Metode proses Pengembangan paragraf dengan metode proses, penulis mendeskripsikan urutan langkah-langkah bagaimana mengerjakan sesuatu atau bagaimana sesuatu bekerja. Biasanyasecara kronologis sebuah langkah diikuti langkah berikutnya. Oleh karena itu makadalam sebuah proses terkandung narasi dan sebab akibat.3.
3.         Metodesebab akibat Metode sebab-akibat dalam pengembangan paragraf menjabarkan bahwa sebab selalumengarah pada satu akibat atau lebih, dan akibat satu sebab atau lebih. Dengan metodeini penulis mengeskplorasi kaitan sebab akibat.4.
4.           Metode klasifikasi Paragraf yang dikembangkan dengan metode klasifikasi pada intinya mengenalkan karakteristik yang sama dari sejumlah butir yang ada. Dalam menentukan klasifikasi penulis melakukan strategi komparasi-kontras.5.
5.           Metode definisi Metode definisi secara formal terdiri tiga hal, yaitu konsep yang diberi definisi, kelas ataukelompoknya dan hal-hal atau karakteristik. Definisi ini bisa berupa definisi pendek sarikamus atau keseluruhan esay menjelaskan sesuatu.6.
6.       Metodeanalisis Metode pengembangan paragraf dengan analisis yakni sebagai cara berpikir dan menulisdengan memecahkan atau membagi sesuatu menjadi bagian dengan tujuan agar lebihdimengerti. Esay analitis lazim dilakukan peneliti untuk mempelajari sesuatu.
7.    Definisi komparasi kontras Metode pengembangan komparasi-kontras penulis harus menjaga keseimbangan antarakeduanya. Komparasi berfokus pada persamaan sedang kontras berfokus pada perbedaan